MPLS DAARUL QUR’AN SURAKARTA T.A. 2023/2024

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMP Daarul Qur’an

Penulis: Arif Rohman

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Pembukaan Awal Tahun Ajaran Baru dan MPLS ini dibuka dengan apel bersama yang diikuti oleh semua santri SMP dan SMA yang diselenggarakan di halaman SMA Sains Daarul Qur’an. Dalam apel tersebut, bapak kepala sekolah sebagai pembina Upacara berpesan, “Pada tahun ajaran baru ini anak-anak harus punya semangat baru, kita harus memperbaharui niat (tajdid al-niat). Niat yang dulu telah usang kita niatkan kembali apa yang menjadi tujuan kita mondok.” Selain itu pak kepala sekolah berpesan untuk bertanggungjawab terhadap waktu, barang-barang yang dimiliki dan tanggungjawab terhadap barang orang lain (menjaga).

Beberapa materi MPLS yang disampaikan adalah:
1. Pendidikan Karakter, Budi Pekerti dan Leadership
2. Bahaya kenalan remaja, serta penanaman akhlah dan kepribadian yang baik.
3. Pendidikan Karakter, Toleransi dan Bullying,
4. Pentingnya penanaman niat, tujuan mondok dan sekolah
5. Pengenalan Profil Sekolah, kurikulum dan sistem pembelajaran
6. Orientasi Kepramukaan dan Osis, Daily Activity, Tata tertib dan program kesiswaan
7. Penenalan Sarana dan Prasarana Sekolah
8. Kajian Keislaman
9. Pendidikan Kesehatan badan dan kulit.

Untuk mendukung dalam penyampaian materi tersebut, sekolah berkolaborasi dengan Polsek Colomadu, Koramil Colomadu dan DPD Hakti Jateng sebagai narasumber dalam MPLS.

Setelah tiga hari dilalui dengan penuh semangat, maka MPLS ditutup kepala Sekolah dengan penghargaan kepada peserta MPLS terbaik putra maupun putri. Tak lupa penampilan hadrah dari grup al-Ittihad DaarulQur’an Surakarta menambah semangat santri