4 Keutamaan Memasukan Anak Ke Pesantren

pesantren memang tidak mudah ya. Perlu banyak pertimbangan bagi Bunda dan Ayah untuk melepas anak hidup dan belajar sendiri di tempat lain.

Namun, bukan tanpa alasan ada begitu banyak orang tua yang ikhlas melepas sang anak untuk mondok di pesantren. Karena, diharapkan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki akhlak baik dan punya pengetahuan agama yang luas demi menjalani kehidupannya kelak.

Belum lagi, kehidupan di pesantren tentu akan berbeda dengan di rumah sendiri ya Bunda. Anak harus bisa menyesuaikan diri dan belajar untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Meski begitu memang, jika dibandingkan dengan sekolah umum, pesantren memiliki beragam poin plus yang akan berguna bagi kehidupan anak kelak.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Bunda dan Ayah dapatkan dengan menyekolahkan anak ke pondok pesantren. Dengan begitu, bisa menjadi bahan pertimbangan Bunda untuk mantap atau tidak untuk mengirim anak ke pesantren.

1. Mendalami ilmu agama

Dengan pola kekhasan pesantren, tentu yang pertama didapatkan adalah pendidikan agama yang lebih kuat. Karena, kesehariannya selama 24 jam bernilai edukasi, mulai dari salat berjemaah, membaca Al-Qur’an, hingga tausiah. Otomatis nilai agama akan lebih kuat.

2. Membentuk akhlak baik

“Akhlak anak akan lebih terjaga karena itu yang dikuatkan dan ditekankan di pesantren. Contohnya seperti menghormati orang tua,” kata Ustazah Hibana.

3. Belajar mandiri

Anak akan belajar tentang kemandirian. Berbeda dengan di rumah, mungkin selama anak di rumah, ia dilayani oleh Bunda, atau seorang pengasuhnya. Namun, di pesantren anak akan terdorong untuk melakukan semuanya dengan seorang diri.

4. Belajar tanggung jawab

Selain belajar mandiri, anak juga belajar bertanggung jawab. Tanggung jawab dengan segala sesuatu yang ia pilih dan ia lakukan.

Nah itu adalah beberapa keutamaan kenapa haru masukan anak ke pondok pesantren.

Nah kabar baiknya Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Surakarta membuka pendaftaran baru santri Putra dan Putri tingkat smp dan sma tahun ajaran 2024/2025 dan kaabr baiknya lagi Daarul Qur’an Surakarta memberikan potongan spesial berupa bebas uang Pengembangan sebesar Rp. 5.000.000 Bagi pendaftar di bula Oktober dan Desember 2023 Kuota terbatas segera daftarkan putra putri ayah bunda di Daarul Qur’an Surakarta link pendaftaran bisa di klik di bawah ini

 

PENDAFTARAN