SERBA-SERBI HARI SANTRI NASIONAL 2023 DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QUR’AN SURAKARTA

Hari Santri Nasional merupakan hari yang diperingati sebagai bentuk pengakuan negara terhadap peran dan kontribusi para ulama dan santri dalam sejarah Indonesia. Hari Santri Nasional ditetapkan tanggal 22 Oktober setiap tahunnya oleh Presiden Indonesia Joko Widodo pada tahun 2015. Penetapan ini didasari oleh peran ulama dan santri dalam perjuangan kemerdekaan serta pembangunan bangsa dengan mengacu pada Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 yang dilakukan oleh Hadratus Syekh K.H. Hasyim Asy’ari, ulama dan pahlawan nasional, dengan menggerakkan massa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Tahun ini, Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Surakarta mengadakan serangkaian acara menyambut Hari Santri Nasional dari hari Jum’at (20/10) sampai dengan hari Ahad (22/10). Pada hari Jum’at (20/10) diadakan semarak lomba-lomba tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan Umum se-Solo Raya maupun Nasional. Macam-macam lomba yang diadakan yaitu lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat SD/MI se Solo Raya, Lomba Pidato Bahasa Arab tingkat SMP/MTs se-Solo Raya, Lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) tingkat Umum se-Solo Raya, Lomba MHQ (Musabaqah Hifdzhil Qur’an) tingkat SD/MI se-Solo Raya (juz 29 dan 30), tingkat SMP/MTs se-Solo Raya (5 juz), tingkat Umum Nasional (30 juz), Lomba MTQ tigkat umum Nasional, dan Lomba Qiro’ah Sab’ah tingkat umum Nasional.

Hari Sabtu (21/10) pukul 19.30 santri dikumpulkan ke lapangan Gedung SMA Sains Daarul Qur’an Surakarta untuk pembacaan 40 Sholawat Nariyah bersama-sama yang dipandu oleh mudhir pesantren SMP Ustadz Nur Muhammad. Pembacaan Sholawat Nariyah ini bertujuan mendo’akan para ulama dan santri terdahulu yang ikut serta berjuang melawan penjajah serta mendo’akan para ulama dan santri yang berjuang menggeluti banyaknya pengetahuan. Rangkaian acara selanjutnya di pagi hari Ahad (22/10) pukul 07.30 seluruh santri Daarul Qur’an Surakarta SMP mapun SMA melakukan upacara peringatan hari santri nasioanal yang dihadiri langsung oleh ketua yayasan Bapak H. M. Adib Ajiputra, M.M. di lapangan pesantren SMA putri.

Demikian serangkaian serba-serbi acara hari santri nasional di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Surakarta. Semoga serangkaian acara tersebut dapat memberikan manfaat kepada banyak orang dan keluarga besar Daarul Qur’an Surakarta mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

hari santri

hari santri